AEON Credit Service
Tentang AEON Credit Service Indonesia
Didirikan di Jakarta pada tahun 2006, PT AEON Credit Service Indonesia ("Perusahaan") merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pembiayaan konsumen. Pada tahun 2013, Perusahaan meluncurkan bisnis Kartu Kredit kepada Pasar Indonesia mengikuti jejak sesama perusahaan afiliasi di Jepang dan di luar Jepang.
Perusahaan sendiri merupakan anak perusahaan dari AEON Financial Service Co., Ltd. yang juga beroperasi di bawah naungan AEON Group (AEON Co., Ltd.) di Jepang.
AEON Co., Ltd. merupakan konglomerasi ritel terbesar di Jepang yang memiliki lebih dari 300 anak perusahaan dan telah beroperasi di 13 negara. Dengan prinsip dasar untuk "mewujudkan kedamaian, menghormati individu, dan berkontribusi pada komunitas lokal dengan tetap berorientasi kepada pelanggan," AEON akan terus berinovasi untuk menjadi peritel No.1 di Asia.
Sejalan dengan pertumbuhan AEON Family di Jepang, AEON Financial Service Co., Ltd. (AFSJ), memberikan solusi keuangan menyeluruh seperti layanan kredit, perbankan, e-money, dan konsultasi keuangan demi meningkatkan gaya hidup maupun kebutuhan jangka panjang konsumen AFSJ sendiri saat ini merupakan salah satu pemimpin pasar penerbit kartu kredit dan pembiayaan konsumen terbesar di Jepang.
Sementara itu, AEON Credit Service Co., Ltd., sebagai anak perusahaan dari AEON Financial Service Japan Co., Ltd. (AFSJ), memiliki bisnis kartu kredit yang saat ini telah beranggotakan lebih dari 37 juta pelanggan di Jepang (data bulan Juni 2016). AFSJ merupakan bagian dari AEON Group yang memiliki budaya perusahaan untuk selalu mengutamakan pelanggan.
Ijin Usaha
PT AEON Credit Service Indonesia beroperasi berdasarkan:
Izin usaha sebagai Lembaga Keuangan yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (sebelumnya di bawah naungan "Kementrian Keuangan RI") dalam Surat Keputusan Menteri Keuangan No. KEP-070/KM12/2006 tanggal 22 Agustus 2006.
Izin sebagai Penerbit Kartu Kredit yang diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam Surat No. 15/172/DASP/GPKSP tanggal 13 Juni 2013.
Kejadian Penting
-
MEI
Akuisisi PT GMAC Finance dan pendirian PT AEON Credit Service Indonesia
JUNPT AEON Credit Service Indonesia mulai beroperasi
DESMenjadi perusahaan pembiayaan pertama yang bergabung dengan Biro Informasi Kredit (BIK) Bank Indonesia
-
JUN
Bekerja sama dengan Best Denki
-
MEI
Pemegang Express Card mencapai 10.000 orang
DESJangkauan layanan diperluas ke Surabaya
-
MAR
Jangkauan layanan diperluas ke Semarang
APRPemegang Express Card mencapai 50.000 orang
SEPMendapatkan penghargaan dari Infobank sebagai perusahaan pembiayaan berpredikat “SANGAT BAGUS” dengan ranking 6 untuk kategori perusahaan pembiayaan dengan aset dibawah Rp1 Triliun
-
APR
Jangkauan layanan diperluas ke Bogor
JUNJaringan merchant mencapai 2.000 toko
DESMendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia sebagai “Perusahaan dengan Sistem Informasi Pelaporan Kredit Terbaik Kedua 2014” untuk kategori Non-Bank
DESMendapatkan penghargaan dari Warta Ekonomi sebagai “Perusahaan Pembiayaan Pilihan Konsumen tahun 2014” dalam kategori “Perusahaan Pembiayaan Produk-Produk Rumah Tangga Pilihan Konsumen”
-
FEB
Mendapatkan penghargaan dari Warta Ekonomi sebagai "Top 3 Warta Ekonomi Consumer Choice Multifinance Consumer Award 2016" dalam Kategori Electronic/ Household Leasing
JUNPemegang Kartu Kredit AEON mencapai 40.000 orang
OKTBekerja sama dengan Maybank meluncurkan channel pembayaran melalui ATM Bersama untuk Kartu Kredit
DESMendapatkan penghargaan dari Warta Ekonomi sebagai "The Winner of Consumer Choice Multifinance Award 2016-Category Consumer Goods Leasing"
-
APR
Meluncurkan channel pembayaran Gojek
SEPMeluncurkan bisnis pembiayaan mobil
DESPemegang Express Card mencapai lebih dari 350,000
DESPemegang Kartu Kredit mencapai lebih dari 60,000
-
NOV
Jaringan merchant mencapai 1.000 toko
-
MAR
Bekerja sama dengan Lottemart
SEPBekerja sama dengan Giant
DESJangkauan layanan diperluas ke Bandung
-
SEP
Mendapatkan penghargaan dari Infobank sebagai perusahaan pembiayaan berpredikat “SANGAT BAGUS” dengan ranking 4 untuk kategori perusahaan pembiayaan dengan aset dibawah Rp100 Milyar
-
JUN
Pemegang Express Card mencapai 100.000 orang
AGUMeluncurkan bisnis kartu kredit
AGUMenjadi satu-satunya perusahaan non-bank sebagai penerbit kartu kredit
-
MEI
Pemegang Express Card mencapai 200.000 orang
AGUPemegang Kartu Kredit AEON mencapai 20.000 orang
NOVJaringan merchant mencapai 3.000 toko
NOVMenyelenggarakan edukasi keuangan di Sekolah Bunda Rangkiang, Bogor
-
FEB
Jaringan merchant mencapai 4.000 toko
JUNMendapatkan penghargaan sebagai “The Winner of Indonesia Digital Innovation Award 2017” dari Warta Ekonomi
JUNPemegang Express Card mencapai 300.000 orang
JUNPemegang Kartu Kredit AEON mencapai 50.000 orang
-
MAR
Meluncurkan channel pembayaran Bukalapak
MEIMeluncurkan Aplikasi Merchant
MEIMeluncurkan aplikasi AEON FAST
AGUMeluncurkan channel pembayaran Shopee
AGUMeluncurkan pencetak instan Kartu Kredit
AEON Management
Hiroshi Ogonuki
Presiden Komisaris
Prabowo
Komisaris Independen
Yasunori Narabayashi
Presiden Direktur
Yasuyuki Kondo
Direktur
Tata Kelola Perusahaan yang Baik
PT AEON Credit Service Indonesia mengembangkan struktur dan sistem Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance atau "GCG") dengan memperhatikan prinsip-prinsip GCG sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan OJK No.30/POJK.05/2014 tentang Tata Kelola Perusahaan Yang Baik Bagi Perusahaan Pembiayaan.