PT ÆON Credit Service Indonesia (“ÆON”) memahami bahwa privasi para pelanggan dan keamanan informasi pribadi Anda teramat penting dan berkontribusi terhadap kehidupan keseharian mereka yang aman dan nyaman, berdasarkan Prinsip Dasar ÆON yang mengupayakan kedamaian, menghargai kemanusiaan dan berkontribusi pada masyarakat setempat, dari sudut pandang pelanggan sebagai hal mendasar. ÆON menghargai privasi individu berkenaan dengan data pribadi yang merumuskan identitas pribadi dan nilai-nilai termasuk kemanusiaan, dan berupaya secara hati-hati menangani informasi pribadi mengenai para pelanggan yang kami simpan dengan keamanan penuh. Di samping itu, ÆON bertujuan untuk membina hubungan yang dapat diandalkan dengan komunitas-komunitas regional kami.
Kebijakan Privasi ini adalah bagian dari Syarat dan Ketentuan ÆON yang dapat ditemukan di alamat website ÆON. Ketika Anda menggunakan pelantar dan sistem ÆON, Anda menerima dan menyetujui baik Syarat dan Ketentuan maupun Kebijakan Privasi. Apabila Anda tidak setuju untuk terikat pada Kebijakan Kerahasiaan Data Pribadi, Anda harus segera berhenti menggunakan pelantar dan sistem ÆON. Dengan mengakses dan menggunakan pelantar dan sistem ÆON, Anda menegaskan bahwa Anda telah membaca Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi, bahwa Anda mengerti dan memahaminya, serta memberikan persetujuan kepada ÆON semua persyaratan yang terkandung dalam kedua dokumen tersebut, dan untuk mengumpulkan, menggunakan, mengungkapkan, memindahkan, dan memproses Informasi Pribadi Anda untuk tujuan-tujuan yang ditentukan dalam Kebijakan Privasi ini. Kami dapat memperoleh informasi pribadi saat Anda memasukkan kredensial Anda yang berupa Username dan Password sebagaimana diminta pada platform yang telah kami tentukan.
1. PRINSIP PERLINDUNGAN INFORMASI PRIBADI
Kebijakan Privasi ini menjelaskan jenis-jenis Data Pribadi yang kami kumpulkan dan cara kami menggunakan, mengungkapkan, memindahkan, memproses dan melindungi informasi tersebut.
Kami dapat memperoleh informasi pribadi saat Anda memasukkan kredensial Anda (username dan password) sebagaimana diminta pada platform yang telah kami tentukan. ÆON melakukan upaya-upaya berikut ini untuk menjamin kebijakan dasar tentang perlindungan informasi pribadi.
1.1 Para eksekutif dan seluruh karyawan mematuhi peraturan perundangan dan peraturan internal tentang informasi pribadi.
1.2 Berdasarkan hasil-hasil audit, kami akan memperbaiki peraturan internal dan operasional.
1.3 Kami akan meminta para pemasok dan para pihak yang terkait untuk bekerja sama melindungi informasi pribadi.
1.4 Kami akan menyediakan kebijakan privasi ini untuk dapat dilihat setiap saat dengan memasangnya pada aplikasi, situs web, informasi perusahaan, dll.
2. PENANGANAN INFORMASI PRIBADI
2.1 Kecuali untuk kepentingan hukum dan peraturan perundang-undangan, Kami akan menjelaskan tujuan akuisisi, penggunaan dan penyebaran informasi pribadi para pelanggan kami apabila informasi tersebut diperoleh. Kami akan menggunakan informasi yang diperoleh hanya dalam lingkup tujuan tersebut.
2.2 Kami akan dengan segera dan selayaknya menanggapi permintaan-permintaan pengungkapan, perbaikan, dan penghentian informasi pribadi dan penggunaannya dalam jumlah waktu yang wajar.
2.3 Kami akan dengan selayaknya menangani informasi pribadi dalam rangka mengamankan dan melindunginya secara aman dari masalah-masalah seperti akses yang tidak setara, kehilangan, perubahan dan kebocoran.
3. PERNYATAAN KEBIJAKAN PRIVASI
ÆON cukup memperhatikan penanganan seluruh informasi pribadi tentang para pelanggan kami sehingga para pelanggan dapat membeli produk-produk kami dan memanfaatkan layanan kami secara aman dan selayaknya. Para eksekutif dan karyawan ÆON mengakui pentingnya melindungi informasi pribadi. Kami akan berupaya untuk menjaga kepatuhan atas peraturan perundangan dan untuk secara aman menangani informasi pribadi para pelanggan.
4. BATASAN USIA
4.1 Anda merupakan individu yang dewasa, berusia 18 (delapan belas) tahun atau lebih, dan merupakan subyek hukum yang sah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4.2 Anda tidak berada di bawah pengampuan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan cakap untuk melakukan tindakan hukum berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4.3 Anda tidak memerlukan persetujuan dari pihak lain atau pengampu berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
4.4 Anda menyatakan, menerima, dan memberikan konfirmasi bahwa dengan menyetujui Kebijakan Kerahasiaan Data Pribadi ini maka Kebijakan Kerahasiaan Data Pribadi ini menjadi sah dan mengikat, dan dapat dipaksakan kepada Anda dalam menjalankan ketentuan Kebijakan Kerahasiaan Data Pribadi ini.
5. MEMPEROLEH DAN MENGGUNAKAN INFORMASI PRIBADI
Kami memperoleh, menggunakan dan/atau mengolah data pribadi Anda dengan sarana yang sah dan sepantasnya. ÆON memperoleh informasi pribadi Anda yang diberikan sehingga para pelanggan dapat menggunakan layanan kami dengan lancar dan efisien. Tujuan menggunakan informasi pribadi Anda yang diperoleh adalah sebagai berikut. Selain itu, apabila kami memperoleh informasi pribadi Anda, kami akan memberitahukan atau mengumumkan tujuan penggunaan dengan cara yang sepantasnya.
5.1 mendaftarkan berbagai layanan keanggotaan kami untuk para pelanggan;
5.2 melakukan promosi penjualan dan pemasaran oleh perusahaan kami;
5.3 menyediakan produk-produk dan layanan keuangan kami kepada Anda.
6. HAK-HAK PARA PELANGGAN SEBAGAI PEMILIK INFORMASI PRIBADI DAN KEWAJIBAN-KEWAJIBAN ÆON SEBAGAI PENGGUNA INFORMASI PRIBADI
Pengumpulan, Verifikasi, dan Penggunaan Data Pribadi
6.1 Agar Kami dapat memproses Permohonan Pembiayaan Anda, Kami harus mengumpulkan dan menggunakan Data Pribadi Anda sebagaimana dimaksudkan di atas. Selanjutnya Data Pribadi tersebut akan Kami cocokkan secara daring dengan Data Pribadi Anda yang lain yang Kami dapatkan dari Anda setelah Anda setuju untuk dan melakukan masuk akun digital lain milik Anda di ekosistem daring. Selanjutnya Data Pribadi yang telah Kami cocokkan tersebut (“Data Pribadi Terverifikasi Anda”) akan Kami gunakan untuk menilai Permohonan Pembiayaan Anda apakah permohonan yang anda ajukan tersebut dapat Kami setujui untuk diberikan atau tidak.
Dengan memutuskan untuk memberikan Data Pribadi Anda dan menyetujui untuk dan melakukan masuk akun digital lain milik Anda secara daring di ekosistem daring, agar Kami dapat melakukan pencocokan data secara daring atas Data Pribadi Anda, Anda menyetujui:
a. Metode pengumpulan Data Pribadi tersebut;
b. Pemberian Data Pribadi secara daring dari akun digital Anda lainnya di ekosistem daring dengan cara masuk akun Anda tersebut secara daring;
c. Pencocokan Data Pribadi Anda antara yang Anda berikan melalui isian formulir pada saat melakukan Permohonan Pinjaman Anda;
d. Penggunaan Kami atas Data Pribadi Anda tersebut; dan
e. Ketentuan dan ketentuan lain dari Kebijakan Kerahasiaan Data Pribadi ini.
6.2 Hak-hak para pelanggan sebagai pemilik informasi pribadi:
a. kerahasiaan informasi pribadi para pelanggan;
b. mengajukan pengaduan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (“Kementerian”) dan untuk tujuan penyelesaian sengketa data pribadi yang diakibatkan kelalaian melindungi kerahasiaan informasi pribadi para pelanggan oleh ÆON;
c. memperoleh akses atau peluang untuk mengubah atau memperbarui informasi pribadi para pelanggan tanpa mengganggu sistem manajemen informasi pribadi, kecuali jika ditetapkan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundangan;
d. memperoleh akses atau peluang untuk memperoleh riwayat informasi pribadi para pelanggan yang diserahkan kepada sistem elektronik ÆON sepanjang masih sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan; dan
e. meminta penghapusan informasi individu tertentu dalam sistem elektronik ÆON yang dikelola oleh ÆON, kecuali jika ditetapkan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundangan.
6.3 Kewajiban-kewajiban ÆON sebagai pengguna informasi pribadi:
a. untuk menjaga kerahasiaan informasi pribadi yang mereka terima, kumpulkan, olah dan analisis;
b. untuk semata-mata menggunakan informasi pribadi sesuai dengan kebutuhan ÆON sebagaimana diatur dalam butir (1) di atas;
c. melindungi informasi pribadi para pelanggan dan dokumen-dokumen yang memuat informasi pribadi tersebut dari setiap penyalahgunaan; dan
d. bertanggung jawab atas informasi pribadi di bawah kendali mereka, baik pengendalian melalui organisasi yang ada dalam kewenangan mereka atau pengendalian individu, jika terjadi setiap penyalahgunaan.
7. PEMBATASAN DAN PERSYARATAN TENTANG PENGGUNAAN INFORMASI PRIBADI
Anda memberikan persetujuan kepada kami dalam hal-hal sebagai berikut:
7.1 Kami menggunakan informasi pribadi Anda dalam lingkup tujuan penggunaan yang dijelaskan dalam butir (1) di atas dan sesuai dengan hak-hak dan kewajiban yang dijelaskan dalam butir (2) di atas.
7.2 Kami hanya akan melaksanakan akuisisi, pengumpulan, pengolahan, dan analisis informasi pribadi setelah memperoleh persetujuan dari Anda.
7.3 Kami hanya akan menggunakan informasi pribadi Anda berkenaan dengan setiap tindakan menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mendistribusikan dan/atau menyediakan akses pada data:
a. setelah kami menerima persetujuan dari Anda, sebagai pemilik informasi pribadi; dan
b. setelah kami melakukan verifikasi atas keakuratan dan kesesuaian dengan tujuan untuk memperoleh dan mengumpulkan informasi pribadi itu sendiri.
7.4 Persetujuan dalam Kebijakan Privasi ini mengacu pada pernyataan tertulis yang dibuat baik secara manual atau elektronik dan diberikan oleh para pelanggan sebagai pemilik informasi pribadi setelah menerima penjelasan lengkap dari ÆON berkenaan dengan tindakan-tindakan untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, menyerahkan dan/atau menyebarkan data termasuk kerahasiaan atau keterbukaan data pribadi (kecuali jika ditetapkan lain berdasarkan ketentuan peraturan perundangan). Persetujuan akan dilakukan dalam lembar persetujuan dalam bahasa Indonesia untuk memperoleh persetujuan dari pemilik informasi pribadi.
8. PENYEDIAAN INFORMASI PRIBADI DISERTAI PENGGANTIAN USAHA
Disertai dengan merger, pemindahan usaha, pemindahan aset operasional dan penggantian usaha lainnya (selanjutnya disebut “Penggantian Usaha”), perusahaan kami dapat menyediakan informasi pribadi yang dikuasai perusahaan kami kepada pihak lain terhadap Penggantian Usaha. Dalam hal tersebut, kami mengambil tindakan yang diperlukan seperti membuat kontrak termasuk kewajiban pengelolaan para pelanggan mengenai penanganan informasi pribadi dari pelanggan.
9. PENGELOLAAN INFORMASI PRIBADI
Kami mengelola informasi pribadi Anda dengan selayaknya. Kami akan mematuhi undang-undang, peraturan, panduan industri dan peraturan internal mengenai informasi pribadi dan menangani data pribadi para pelanggan dengan hati-hati. Di samping itu, kami berupaya untuk menjaga data pribadi Anda tetap akurat dan diperbarui dan melakukan pengelolaan yang sesuai terhadap akses yang tidak resmi atau tidak sah dan terhadap kehilangan, kehancuran, kerusakan dan kebocoran yang tidak disengaja dll atas data pribadi. Kami melakukan tindakan-tindakan praktis sebagai berikut:
9.1 Kami melakukan pendidikan internal untuk melindungi dan menangani data pribadi dengan selayaknya.
9.2 Kami secara rutin melakukan audit yang sesuai dan menilai sistem manajemen informasi pribadi.
9.3 Kami melakukan verifikasi atas semua data yang diperoleh dan dikumpulkan untuk menjamin keakuratan dan ketepatan seluruh data yang diberikan kepada kami.
10. PENYEDIAAN INFORMASI PRIBADI KEPADA PIHAK KETIGA
Kami tidak akan menawarkan informasi pribadi Anda dengan cara yang tidak sepantasnya kepada pihak ketiga. Dengan pengecualian-pengecualian berikut, kami tidak akan menyediakan informasi pribadi para pelanggan kepada pihak ketiga:
10.1 Kami dapat menyediakan informasi pribadi para pelanggan kepada pihak ketiga berdasarkan persetujuan dari masing-masing pelanggan;
10.2 Dalam hal-hal berikut, setelah memperoleh Persetujuan Anda yang disebutkan dalam butir 7.4 dan melakukan verifikasi data, kami dapat menyediakan informasi pribadi Anda kepada pihak ketiga;
10.3 Hal-hal di mana ketentuan tersebut berdasarkan peraturan perundangan;
10.4 Hal-hal di mana terdapat kebutuhan untuk melindungi nyawa manusia, badan atau kekayaan, dan apabila sulit untuk memperoleh persetujuan prinsipal (contohnya, dalam hal pabrikan meminta penarikan, apabila terjadi kecelakaan atas produk yang dibeli pelanggan kami), perusahaan kami menawarkan informasi pribadi seperti nomor kontak, dll kepada pabrikan;
10.5 Hal-hal di mana terdapat kebutuhan untuk bekerja sama berkenaan dengan organisasi pemerintah pusat atau pemerintah setempat, atau orang yang dipercayakan oleh mereka untuk melakukan urusan yang ditetapkan berdasarkan peraturan perundangan, dan apabila terdapat kemungkinan yang memperoleh persetujuan prinsipal yang akan mengganggu pelaksanaan urusan tersebut;
10.6 Terkait dengan penugasan penanganan informasi pribadi para pelanggan kami kepada kontraktor luar, perusahaan kami dapat menyediakan informasi pribadi kepada kontraktor yang ditugaskan di bawah pengawasan yang ketat untuk menjamin informasi pribadi pelanggan tersebut hanya diberikan sejauh diperlukan. Ketentuan tersebut akan mempertimbangkan pembatasan-pembatasan, hak-hak dan kewajiban yang diperlukan untuk dilaksanakan berdasarkan Peraturan Perlindungan Data Pribadi di Indonesia sebagaimana dibahas dalam Kebijakan ini;
10.7 Perusahaan kami dapat secara bersama-sama menggunakan informasi pribadi para pelanggan kami dengan afiliasi-afiliasi kami. Hal-hal informasi pribadi yang akan digunakan bersama-sama mencakup seluruh informasi pribadi para pelanggan kami yang disimpan oleh perusahaan kami. Untuk penggunaan bersama dalam grup ÆON bertanggung jawab atas administrasi dan pengelolaan informasi pribadi para pelanggan kami. Ketentuan tersebut akan mempertimbangkan pembatasan-pembatasan, hak-hak dan kewajiban yang diperlukan untuk dilaksanakan berdasarkan Peraturan Perlindungan Data Pribadi di Indonesia sebagaimana dibahas dalam Kebijakan ini.
10.8 Perusahaan kami, dengan perlindungan yang layak, dapat secara bersama-sama menggunakan informasi pribadi, dengan mempertimbangkan pembatasan-pembatasan, hak-hak dan kewajiban yang dibahas dalam Kebijakan ini, dalam grup ÆON sebagai berikut:
a. Data pribadi yang akan digunakan bersama:
i. nama, alamat, jenis kelamin, nomor telepon, alamat pos, alamat surat elektronik, status keluarga, status pekerjaan, aplikasi terinstal, informasi mengenai kekayaan, kebutuhan pelanggan dalam transaksi, informasi yang dipublikasikan, harta benda dan informasi lain yang diberikan oleh para pelanggan kami dan atau hal lain yang ditentukan oleh ÆON dari waktu ke waktu.
ii. jenis-jenis barang dagangan (merchandise) dan/atau layanan yang diberikan kepada para pelanggan, tanggal transaksi, jumlah transaksi, sisa pembayaran, tanggal pembayaran, dan informasi lain mengenai transaksi dengan masing-masing pelanggan.
b. Lingkup para pengguna bersama
Informasi pribadi akan digunakan bersama dengan perusahaan-perusahaan rekanan kami dan/atau perusahaan lain yang menjadi rekan kami di kemudian hari.
c. Tujuan penggunaan bersama:
i. menyediakan titik layanan dan keuntungan khusus kepada para pelanggan
ii. mengiklankan berbagai jenis merchandise, layanan dan belanja daring (on-line) yang diberikan oleh para pengguna bersama, para mitra dan para anggota toko afiliasi.
iii. merencanakan dan mengembangkan merchandise dan layanan.
iv. menganalisis informasi para pelanggan untuk mengajukan merchandise dan layanan baru.
11. PERMINTAAN
Kami akan secara sah dan secara cepat menanggapi pertanyaan, permintaan, komunikasi dll mengenai pengungkapan, perbaikan, penghentian pemanfaatan informasi pribadi para pelanggan kami. Mohon hubungi kami untuk hal-hal sebagai berikut atau sejenisnya:
10.1 untuk memperbaiki, mengubah, menambahkan, dan/atau memperbarui informasi yang terdaftar;
10.2 untuk mengamendemen, mengubah dan/atau memperbarui persetujuan yang diberikan oleh para pelanggan sebagai pemilik data pribadi kepada ÆON dalam rangka ÆON untuk menampilkan, mengumumkan, mengalihkan, mendistribusikan dan/atau menyediakan akses pada data; dan/atau
10.3 untuk berhenti berlangganan surel, surat langsung, atau iklan telepon.
12. PENYIMPANAN DAN PENGHAPUSAN DATA PRIBADI
Mengenai pengaturan penyimpanan dan penghapusan data pribadi Pengguna applikasi ÆON akan mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia.
13. PEMBERITAHUAN DALAM HAL KELALAIAN PERLINDUNGAN DATA
Sejalan dengan upaya-upaya kami dalam memberikan jaminan terhadap, yakni, kehilangan, kehancuran, kerusakan dan kebocoran yang tidak disengaja dll atas data pribadi, kami juga akan memberikan pemberitahuan terhadap pemilik data pribadi apabila terdapat kelalaian atas perlindungan data. Meskipun demikian, kami akan melakukan tindakan-tindakan yang wajar untuk menjamin bahwa pemberitahuan telah diterima oleh pemilik data pribadi apabila kelalaian tersebut mengandung potensi bahaya terhadap pihak yang bersangkutan.
14. PENGALIHAN DATA PRIBADI KE LUAR WILAYAH INDONESIA
Dalam hal ÆON
mewajibkan data pribadi untuk dialihkan keluar Indonesia, kami akan mematuhi
kewajiban-kewajiban yang diatur berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku di
Republik Indonesia.
15. KUKI
Untuk meningkatkan kenyamanan dan kualitas layanan kami, kami menggunakan kuki (cookies) pada situs web kami. Kuki adalah berkas kecil yang disimpan pada komputer para pelanggan kami. Perusahaan kami menggunakan kuki dalam rangka mengoptimalkan riwayat para pelanggan kami. Namun, situs web kami tidak mengidentifikasi para pelanggan perseorangan dengan menggunakan kuki. Para Pelanggan memiliki opsi untuk tidak menggunakan kuki untuk melakukan penelusuran (browsing). Dalam hal tersebut, penggunaan para pelanggan atas layanan daring dapat diatur sebagian.
16. KEAMANAN DARING
Untuk keamanan transaksi, kami menggunakan protokol Secure Sockets Layer (SSL), yang mengenkripsi setiap informasi pribadi yang dimasukkan para pelanggan pada situs web kami. Proses enkripsi tersebut melindungi informasi para pelanggan dari hadangan (intersepsi) pihak ketiga. Kami menggunakan firewalls untuk melindungi data dalam pangkalan data kami terhadap para penyusup. Dengan menggunakan langkah-langkah ini, kami berusaha melindungi dan mengurus informasi para pelanggan dengan tingkat perhatian tertinggi dan melindunginya dari kebocoran.
17. KONTEN SITUS WEB DAN APLIKASI
Situs web dan aplikasi kami dapat diakses dari yurisdiksi-yurisdiksi yang berbeda. Meskipun demikian, konten situs web dan aplikasi kami mematuhi peraturan perundangan Indonesia. Dilarang adanya akses dari negara-negara yang menafsirkan konten-konten tersebut melanggar hukum.
18. YURISDIKSI PENGADILAN
Seluruh sengketa sehubungan dengan perlindungan informasi pribadi akan diselesaikan di Pengadilan Indonesia sesuai dengan domisili Anda.
19. KONTAK
Anda dapat mengajukan pengaduan terkait dengan Perjanjian ini pada nomor telepon (021)2971-1000 atau customercare@aeon.co.id. Terhdap pengaduan tersebut, berlaku ketentuan pelayanan pengaduan yang dipublikasikan ÆON dari waktu ke waktu.
20. PERUBAHAN
Pernyataan kebijakan privasi kami diubah pada www.aeon.co.id. Kami dapat memperbarui kebijakan tersebut untuk mencerminkan perubahan-perubahan terhadap peraturan perundangan Indonesia. Apabila kami melakukan perubahan penting apa pun, kami akan memberitahukan Anda melalui pemberitahuan pada situs web dan aplikasi kami.